Minggu, 31 Januari 2016

Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax

Smartfren merupakan salah satu operator seluler di Indonesia yang cukup dikenal dengan layanan akses data internetnya. Smartfren juga bekerjasama dengan berbagai produsen smartphone dan memasarkan ponsel-ponsel Android pada seri smartphone Andromax. Tidak hanya menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi ponsel yang beragam, biasanya Smartfren juga mem-bundling produk yang ditawarkan tersebut dengan nomor smartfren yang telah diaktifkan paket datanya sehingga pengguna bisa langsung internetan di Andromaxnya.

Harga yang ditawarkan pun biasanya relatif terjangkau bagi banyak kalangan sehingga membuat pengguna layanan data internet smartfren cukup banyak. Produk smartphone Andromax seperti kita ketahui juga menawarkan fitur dual SIM CDMA-GSM sehingga membuat pengguna bisa tetap mengaktifkan nomor GSMnya bersamaan dengan nomor CDMAnya dalam satu ponsel. Namun sayangnya pada defaultnya pengguna memang tidak bisa internetan dengan GSM di Smartfren Andromax.
Cara internetan dengan gsm di smartfren
Karena Andromax memang produk yang dikeluarkan oleh Smartfren maka wajar tentunya jika Smartfren menerapkan kebijakan tersebut pada produknya karena tentu hal itu juga merupakan salah satu cara pemasaran dari Smartfren untuk terus menambah jumlah pelanggannya. Lalu sebenarnya bisa atau tidak internetan dengan GSM di Smartfren Andromax? Jawabannya adalah bisa dan sudah cukup banyak yang berhasil melakukannya meski tidak sedikit pula yang masih gagal.

Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi Any Cut, pengguna merubah akses internet dengan GSM di Smartfren Andromax meski pada defaultnya koneksi internet pada Andromax adalah melalui kartu CDMAnya. Mungkin sebagian dari anda sudah tahu mengenai cara menggunakan aplikasi Any Cut tersebut namun bukan tidak mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya, untuk itu berikut kami coba membagikan informasi mengenai cara menggunakan Any Cut untuk merubah koneksi internet dengan GSM di Smartfren Andromax.

Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax Dengan Anycut

  1. Karena kita akan menggunakan bantuan aplikasi Anycut, maka tentu aplikasi tersebut harus suda terpasang terlebih dahulu pada ponsel Andromax kita. Anda bisa mengunduhnya langsung melalui play store atau melalui tautan berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.spring.bird.anycut&hl=en.

  2. Setelah aplikasi tersebut terpasang pada smartphone anda, silakan masuk pada menu widget dan akan ada aplikasi AnyCut yang telah anda pasang sebelumnya. Tekan dan geser (drag) widget tersebut ke homescreen (layar utama) kemudian akan tertampil beberapa pilihan dan silakan pilih pada "Activity".
  3. Cara internetan dengan GSM di Smartfren Andromax
  4. Pada layar selanjutnya yakni pada menu "Choose an activity" akan tampil beberapa pilihan lagi kemudian silakan pilih pada "APNs". Ada dua pilihan tersebut dan silakan pilih APNs yang kedua atau yang bawah. Pada kotak Edit shortcuts anda bisa merubah nama sesuai dengan keinginan ataupun dengan nama default yang telah ada lalu klik OK.
  5. Cara internetan dengan GSM di Smartfren Andromax
  6. Kemudian lanjutkan dengan kembali masuk pada aplikasi Anycut untuk membuat shorcut seperti pada langkah diatas, namun pada tampilan menu "Choose an actvitiy" silakan pilih pada "Select subscription". Sama seperti sebelumnya akan ada 2 pilihan tersebut dan silakan pilih pada pilihan yang kedua atau yang bawah.
  7. Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax
  8. Jika kedua langkah diatas telah anda lakukan maka seharusnya akan ada dua buat shortcut di layar utama (home screen) Andromax anda yang namanya sesuai dengan yang anda buat sebelumnya. Kemudian silakan buka shortcut "Select subscription" yang telah anda buat tadi.
  9. Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax
  10. Akan terdapat beberapa pilihan pada tampilan menu Select subscription tersebut, dan silakan hilangkan centang (checklist) RUIM pada bagian CDMA lalu klik OK. Proses tersebut akan menghilangkan sinyal smartfren (CDMA) dan menonaktifkan koneksi data secara otomatis. Kemudian silakan lanjutkan dengan mengaktifkan kembali koneksi datanya.
  11. Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax
  12. Masih ada langkah selanjutnya yakni silakan buka shortcut "APNs" yang telah anda buat sebelumnya dan pengaturan data internet akan berpindah pada kartu GSM anda sesuai dengan operator yang anda gunakan.

  13. Sampai disini pengaturan sudah selesai dilakukan, kemudian untuk uji coba berhasil atau tidaknya silakan anda buka browser pada ponsel anda dan buka sebuah situs seperti misal 92m.blogspot.com atau google.com.

Karena layanan CDMA pada ponsel anda telah dimatikan melalui langkah pengaturan diatas, maka tidak perlu khawatir jika anda tidak melihat adanya sinyal Smartfren pada ponsel anda melainkan hanya ada sinyal dari kartu GSM anda saja. Pastikan juga bahwa anda memiliki pulsa yang cukup atau paket data internet pada kartu GSM anda agar bisa digunakan untuk mengakses internet.

Bingung mengikuti atau mencerna kalimat demi kalimat pada panduan diatas? Silakan coba anda ikuti tutorial internetan dengan GSM di Smartfren Andromax melalui video dibawah ini, semoga bisa lebih mudah dimengerti.


Demikian informasi mengenai cara internetan dengan GSM di Smartfren Andromax dengan bantuan aplikasi Anycut yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika ada informasi diatas yang kurang tepat atau ada informasi lain mengenai cara merubah koneksi internet dari CDMA ke GSM di hp Smartfren silakan berbagi dengan kami melalui kolom komentar yang tersedia dibawah agar bisa membantu teman-teman yang membutuhkannya.



    Cara Internetan Dengan GSM di Smartfren Andromax
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan via email

    Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.