Sabtu, 30 Januari 2016

Cara Hard Reset / Factory Reset Asus Zenfone 5 dan Seri Lainnya

ASUS Zenfone merupakan produk telepon pintar Android yang diproduksi oleh ASUS dimana sampai saat ini telah dirilis dan dipasarkan berbagai macam seri dan tipe smartphone tersebut. Berbagai fitur dan spesifikasi yang menarik coba ditawarkan oleh ASUS melalui ponsel-ponsel yang dirilisnya yang mana sambutan masyarakat akan produk ASUS Zenfone juga cukup positif. Antusiasme masyarakat dengan produk ASUS Zenfone tersebut tentu menjadi salah satu alasan yang membuat perusahaan tersebut terus berinovasi melalui ponsel-ponsel terbarunya.

Sebagai salah satu produk yang menggunakan OS Android maka tidak sedikit para pengguna ASUS Zenfone yang mengalami masalah dengan ponselnya seperti tidak bisa membuka kunci atau masuk ke menu karena lupa kombinasi pola, ponsel yang tiba-tiba hang dan lain sebagainya. Tentu akan tidak menyenangkan ketika ponsel yang kita gunakan bermasalah karena banyak hal yang menjadi tidak bisa kita lakukan dan bukan tidak mungkin akan membuat kita melewatkan panggilan penting dari teman atau rekan bisnis dan lain sebagainya.
Cara Hard Reset Asus Zenfone
Cara Hard Reset Asus Zenfone
Untuk mengatasi permasalahan "terlalu banyak percobaan pola" karena berulang kali salah melakukan kombinasi kunci pola untuk masuk ke menu salah satunya adalaha dengan melakukan hard reset ASUS Zenfone tersebut. Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan pada ponsel Android termasuk ketika ponsel hang atau pengguna lupa pola untuk membuka perangkat androidnya. Hanya saja memang menggunakan cara ini akan menyebabkan pengguna menjadi kehilangan data-data yang tersimpan pada memori internalnya. Lalau bagaimana cara melakukan hard reset ASUS Zenfone 5 dan seri lainnya, langsung saja silakan simak informasinya berikut ini.

Cara Hard Reset ASUS Zenfone 5 dan Seri lainnya

Untuk melakukan hard reset pada perangkat anda sangat disarankan untuk memastikan baterai masih mencukupi guna menghindari kegagalan proses akibat ponsel kehabisan daya.
  1. Langkah pertama silakan matikan Asus Zenfone anda, bisa menggunakan tombol power ataupun dengan mencabut baterai kemudian memasangnya kembali.
  2. Dalam kondisi off atau ponsel mati tersebut tekan berbarengan Tombol Power + Volume Up untuk beberapa saat sampai tertampil logo Asus pada ponsel anda, kemudian lepaskan tekanan jari-jari anda pada Tombol Power dan Tombol Volume tersebut sampai masuk pada menu Recovery Mode.
  3. Selanjutnya jika anda sudah berhasil masuk pada menu tersebut silakan pilih "FACTORY RESET". Gunakan tombol volume untuk navigasi keatas dan kebawah dan gunakan tombol power atau kamera untuk mengeksekusi atau OK.
  4. Pada tampilan menu selanjutnya silakan pilih "wipe data/factory reset"
  5. Pada layar konfirmasi silakan lanjutkan dengan memilih "Yes--delete all user data".
  6. Kemdian proses hard reset / factory reset akan berlangsung untuk beberapa saat dan jika sudah selesai maka lanjutkan dengan memilih "reboot system now".
Jika langkah diatas telah anda ikuti semua dengan benar, maka seharusnya saat ini anda telah berhasil melakukan proses hard reset pada ASUS Zenfone anda dan setelah proses reboot selesai anda akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan awal seperti saat pertama kali anda mengaktifkan ASUS Zenfone anda.

Langkah hard reset diatas merupakan cara atau solusi yang dapat anda lakukan dalam kondisi anda tidak bisa masuk ke menu yang disebabkan karena ponsel hang, lupa kunci pola dan lain sebagainya. Namun jika anda masih bisa masuk pada menu ASUS Zenfone anda, maka berikut adalah cara lain yang bisa anda lakukan untuk mereset ponsel anda.

Cara Hard Reset / Factory Reset ASUS Zenfone Melalui Pengaturan

  1. Pertama tetap pastikan tersedia baterai yang cukup setidaknya ada 70% yang tersisa dilihat dari indikator baterai ponsel Anda, lebih dari itu tentu lebih baik.
  2. Ponsel dalam kondisi on atau menyala, karena kita akan melakukan proses hard reset melalui menu pengaturan/settings.
  3. Disarankan anda membuat backup pada file-file penting yang tersimpan pada ponsel anda.
  4. Langkah selanjutya silakan masuk pada menu Setting > Backup & reset > Factory data reset.
  5. Kemudian pilih Reset phone.
  6. Asus Zenfone anda akan melakukan proses hard reset dan tunggu sampai proses tersebut selesai selanjutnya anda akan diminat untuk melakukan beberapa pengaturan awal seperti pada saat pertama mengaktifkan ponsel tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan hard reset pada ASUS Zenfone anda. Lakukan cara-cara diatas jika memang anda yakin untuk melakukannya, namun jika dirasa anda tidak yakin atau tidak bisa untuk melakukannya maka ada baiknya untuk meminta tolong kepada teman anda yang lebih paham atau bisa dengan datang ke tukang service handphone untuk menangani permasalahan yang terjadi pada ponsel anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi para pengunjung semua. Jika ada pertanyaan ataupun koreksi atas informasi diatas langsung saja sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini atau melalui halaman kontak yang tersedia.



Cara Hard Reset / Factory Reset Asus Zenfone 5 dan Seri Lainnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.