Jumat, 29 Januari 2016

Cara Mengambil Gambar Screenshot di Android Tanpa Aplikasi

Ketika menggunakan perangkat Android adakalanya kita ingin mengambil foto layar hp Android atau istilah lainnya meng-capture / screenshot layar hp Android kita yang tentu dengan berbagai macam alasan sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal tersebut baik dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga maupun dengan memanfaatkan fitur yang telah tersedia secara default pada perangkat Android itu sendiri.

Mengcapture atau mengambil screenshot layar hp Android menurut kami cukup penting dan sangat bermanfaat. Untuk para pelaku bisnis online misalnya, fitur screenshot pada perangkat android bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar pengecekan status kiriman pada website jasa pengiriman seperti JNE, Tiki dan lain sebagainya untuk kemudian dikirimakan kepada pembelinya. Atau sebaliknya bagi pembeli bisa dimanfaatkan untuk memfoto bukti transfer yang dilakukan melalui layanan internet banking misalnya.
Cara mengambil gambar screenshot di Android
Cara screenshot di Android
Contoh lain fungsi screenshot layar hp Android adalah untuk menyimpan status sosial media seseorang seperti artis atau tokoh politik misalnya seperti yang sekarang ini cukup sering kita temukan pada situs-situs jejaring sosila seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Atau bagi seorang blogger fitur screenshot tersebut bisa sangat bermanfaat ketika akan membuat tulisan atau informasi mengenai tutorial atau panduan dalam menggunakan aplikasi pada android dan lain sebagainya.

Pada dasarnya fitur tersebut menurut kami sangat bermanfaat dan penggunaannya sendiri tentu tergantung dengan masing-masing penggunanya. Lalu bagaimana cara mengambil gambar screenshot di Android tanpa bantuan aplikasi tersebut? Caranya cukup mudah dan mungkin sebagian dari anda sudah mengetahuinya. Untuk yang belum tahu caranya silakan simak informasinya berikut ini.

Cara Mengambil Gambar Screenshot di Android

1. Menekan tombol Home dan Power
Cara pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol home dan power. Silakan tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan untuk beberapa detik yang biasanya akan ditandai dengan getar dan bunyi ketika proses pengambilan gambar berlangsung. Kami berhasil menggunakan cara ini pada Samsung Galaxy Tab 3v yang menggunakan Android OS v4.4.4 Kitkat.

2. Menekan tombol Power dan Volume (-)
Cara yang kedua hampir sama dengan cara yang pertama diatas hanya saja untuk kombinasi tombol yang ditekan adalah tombol power dan volume min (mengurangi volume). Untuk cara yang kedua ini kami tidak berhasil menggunakannya pada Samsung Galaxy Tab 3v, mungkin karena memang kombinasi tombol yang ditekan untuk perangkat tersebut adalah seperti pada cara pertama diatas. Namun anda bisa mencobanya pada hp atau tablet Android anda jika cara pertama tidak berhasil.

3. Tekan tombol power
Untuk cara yang ketiga boleh dibilang lebih mudah dan simpel dibanding kedua cara sebelumnya, yakni anda hanya perlu menekan tombol power selama beberapa detik sampai muncul pop up menu yang mana terdapat pilihan  untuk mematikan perangkat (Power off), atau Airplane mode serta pilihan Take Screenshot. Untuk mengambil gambar atau screenshot layar hp anda maka tentu saja silakan anda pilih menu Take screenshot tersebut.


Kami juga tidak berhasil menggunakan cara ketiga diatas pada Samsung Galaxy Tab 3v yang menggunakan OS Android v4.4.4 Kitkat. Namun anda bisa mencobanya pada perangkat Android anda jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil anda lakukan, karena bisa saja setiap ponsel dari vendor yang berbeda menggunakan cara yang berbeda.

Dan itulah tadi beberapa cara yang bisa anda coba untuk memfoto layar hp Android anda tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Silakan gunakan salah satu cara yang memang bekerja pada perangkat android anda. Jika anda memiliki informasi lain mengenai cara mengambil gambar screenshot layar android yang lainnya, maka sudi kiranya anda berbagai dengan kami melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini.



Cara Mengambil Gambar Screenshot di Android Tanpa Aplikasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.